Ada Yang Unik Di Karnaval Bangilan

Agustusan tujuhbelajasan bangilan 2017


Ada yang unik di karnaval Bangilan. Adalah hal yang saya rasakan dikala menyaksikan program rutin yang digelar pemerintah kecamatan Bangilan. Karnaval jalan raya dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72.

Acara yang dihelat hari ini (24/08/2017) dimulai dari pukul 14.00 dimana waktu yang sangat sempurna untuk menghelat program menyerupai ini. Dengan kondisi jalanan yang sudah tidak terlalu banyak lalu lalang orang bekerja, terik mataharipun sudah mulia berkurang. 

Dengan start dari perempatan desa Ngrojo dan Finish di pasar kecamatan Bangilan menyebabkan penerima tidak terlalu jauh menempuh perjalanan, pun dengan warga yang setia menonton dari habis dzuhur tidak perlu jauh-jauh mencari daerah untuk menikmati penampilan penerima karnaval.

Karnaval yang dilaksanakan yakni untuk tingkat SMA sederajat dan umum. Tak ayal banyak desa ataupun komunitas yang berduyun-duyun mengikutinya. Disamping memeriahkan pesta kemerdekaan, mampu juga diselipi dengan promosi produk ataupun karya komunitas, sebut saja yang dilakukan oleh salah satu paguyuban seni reog maupun wayang yang dimiliki oleh warga Bangilan.

Dan tak luput dari perhatian saya yakni kinerja keren dari pihak keamanan. Baik dari kepolisian maupun TNI yang mengawal jalannya program dari awal hingga akhir. Terbukti beda dengan tahun-tahun sebelumnya, nyaris tak ada kendaraan langsung yang menembus jalanan sehingga mengganggu karnaval maupun penonton.

Agustusan tujuhbelajasan bangilan 2017


Nah, hal unik dan menarik yang menyita perhatian saya yakni dari sekian tampilan putra putri bangilan yang berbalut pakaian mewah, ada juga yang mencoba mendengungkan untuk hematbiaya dengan menggunakan pakaian dari barang bekas pakai, ataupun pakaian yang di desain dari daun pisang, dan dedaunan lainnya. Bagi saya itu yakni nilai plus tersendiri.

Agustusan tujuhbelajasan bangilan 2017


Disamping dari segi pakaian, saya langsung juga menyoroti jargon yang dibawa oleh penerima karnaval. Ada yang berani tampil beda dengan membawa info Nasional, bukan ihwal bendera negara tetangga, tapi jargon yang mereka bawa yakni ihwal pemanfaatan sumber daya nasional, baik sumber daya insan (SDM) maupun sumber daya alamnya (SDA).

Agustusan tujuhbelajasan bangilan 2017
Add caption


Hal unik lain yang membuat saya dan teman-teman sore tadi tertawa tak henti-henti sekaligus takjub yakni penampilan dari kelompok desa. Dalam penampilan ini saya lebih memperhatikan kepada mentalitas dan akting yang disajikan oleh penerima karnaval tersebut, salah satunya menyerupai foto dibawah ini.

Agustusan tujuhbelajasan bangilan 2017


Bila membahas ihwal keunikan-keunikan yang ada di karnaval Bangilan kali ini tidak akan ada habisnya. Jika sampean masih penasaran mungkin tahun depan mampu menyisihkan waktu untuk datang sendiri. Dan untuk mengobati rasa penasaran sampean ihwal bagaimana keseruan karnaval tadi, mampu menyaksikan video berikut. Terima kasih.

Labels: , ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.